Yossy Suparyo
Ikuti:

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) tengah menyusun platform teknologi dan standardisasi sistem informasi desa (SID). Lewat Direktorat Pelayanan Sosial Dasar (PSD), mereka berkunjung ke desa-desa untuk menyerap aspirasi dan melihat penerapan SID. Praktik baik penerapan SID di desa-desa menjadi rujukan utama penyusunan platform dan standardisasi SID.

Langkah ini merupakan strategi Kemendesa untuk memperkuat praktik-praktik baik tersebut menjadi kebijakan di kementerian. Strategi mendorong kemitraan yang kuat antara Kemendesa dan Pemerintah Desa. Kemendesa menghormati dan mengakui adanya kewenangan lokal desa sehingga kebijakan kementerian harus selalu selaras dengan prakarsa-prakarsa desa.

Kunjungan kerja dilakukan di tiga lokasi, yaitu Desa Kiarasari (Kabupaten Bogor), Desa Wlahar Wetan (Kabupaten Banyumas), dan Desa Sedahkidul (Kabupaten Bojonegoro). Pemerintah Desa Kiarasari bekerja keras untuk memenuhi akses informasi warga sebagai bagian dari pelayanan desa. Desa Wlahar wetan mampu mengembangkan pelbagai media informasi, seperti website, program radio, publikasi koran, dan video desa.

Hasil kunjungan menjadi bahan rujukan untuk menyusun panduan dan standardisasi pengelolaan dan pelayanan informasi di desa.

%d blogger menyukai ini: