Gedhe Foundation mendampingi pewarta warga untuk mengarusutamakan isu desa di media cetak, yaitu Satelit Pos sejak 28 Februari 2015. Tulisan tersebut terbit setiap Sabtu dalam rubrik Britane Inyong, yaitu rubrik yang diperuntukkan bagi pembaca Satelit Pos seputar kegiatan di lingkungan tempat tinggal (sekolah, kampus, kantor, instansi, dan komunitas).

Hampir lima bulan berjalan, pewarta warga dari pelbagai desa di Banyumas berkoordinasi dengan Gedhe Foundation untuk memanfaatkan ruang tersebut sebagai media mengarusutamakan isu desa. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Pelatihan Menulis dan Menyunting Berita Desa yang diselenggarakan di kantor Gedhe Foundation pada 21 Februari 2015.

Pada Sabtu, 25 Juli 2015, Mustofa dari Desa Cingebul menulis tentang “Sawah Mengering, Petani Cingebul Tanam Kedelai”. Dalam tulisannya, dia mengabarkan hanya 20% sawah yang bisa ditanami kedelai, yaitu 5 hektar yang bisa ditanami kedelai, 20 hektar lainnya dibiarkan. Salah satu penyebabnya adalah musim tanam yang sudah lewat dan kekurangan air karena di Desa Cingebul tidak ada irigasi.

Dalam diskusi di media sosial terkait dengan tulisan Mustofa di Satelit Pos, dr Budhi Setiawan, Wakil Bupati Banyumas memberikan komentar tentang pembangunan infrastruktur pertanian yang akan terus ditingkatkan agar masyarakat tani lebih sejahtera serta ketahanan pangan dapat terwujud. Dia menyarankan Pemerintah Desa Cingebul berkoordinasi dengan dinas terkait perihal irigasi.

“Desa Cingebul, seandainya tidak memungkinkan dibangun irigasi teknis, pasti punya potensi untuk tanaman jenis lain selain padi. Percayalah, tiap wilayah pasti punya potensi khas sehingga semua pengembangan/ pemberdayaan harus atas dasar kearifan lokal,” tulis dr. Budhi Setiawan.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda?
YaTidak