Presentasi Gerakan Desa Membangun dalam Jambore Seknas Jokowi

Presentasi Gerakan Desa Membangun dalam Jambore Seknas Jokowi

Gedhe Foundation mempresentasikan teknologi perdesaan dalam Jambore Nasional Seknas Jokowi di Wisma Kinasih, Caringin, Bogor, 23-25 September 2014. Jambore Nasional diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi dan konsolidasi organisasi dan komunitas, baik di pusat, provinsi, kabupaten, maupun yang berbasis sektoral.

Tim Gedhe yang berangkat adalah Yossy Suparyo (Direktur) dan Sahdi Sutisna (RMI Bogor). Sahdi Sutisna atau biasa dipanggil @AjiPanjalu mempresentasikan Gerakan Desa Membangun (GDM) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat perdesaan. Pada acara itu diputarkan video dokumentasi GDM berdurasi 5 menit di Desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas.

Usai presentasi banyak pegiat Seknas Jokowi yang mengajak diskusi untuk mengetahui informasi GDM secara lebih rinci. Mereka berpandangan pemanfaatan internet di desa dapat menciptakan peluang bagi pemasaran produk dan potensi di desa. Pengalaman ini akan mereka ceritakan di wilayahnya masing-masing sebagai inspirasi baru menata desa.

Diskusi-diskusi terbatas juga dilakukan di ruang penginapan. Ada delegasi dari Nias, Semarang, Sukabumi, dan Bogor. Hal itu menjadi media pertukaran pengetahuan dan pengalaman tentang pemberdayaan masyarakat akar rumput.

%d blogger menyukai ini: