gedhe 2015 maret 8 saba alas cendana desa melung

Gedhe Foundation mendukung kelestarian hutan. Gedhe terlibat dalam kampanye mengenalkan keanekaragaman hayati yang dilakukan Komunitas Cendana dan Pemerintah Desa Melung. Kampanye bertema Saba Alas Cendana dilakukan pada Minggu (8/3) melibatkan 150 peserta dari siswa, pramuka, banser, komunitas cendana, dan pemerintah desa.

Alas Cendana merupakan hutan yang berada dalam wilayah administrasi Desa Melung. Alas Cendana menopang sumber hajat hidup masyarakat. Kelestarian hutan akan berdampak pada kelestarian ekosistem. Hutan lestari akan berdampak pada mata air, kestabilan tanah, flora, fauna, dan unsur lainnya. Kondisi ini akan menguntungkan masyarakat, baik masyarakat di dekat hutan maupun masyarakat secara luas. Ambil contoh, mata air yang terjaga akan berdampak pada ketercukupan persediaan air untuk kebutuhan rumah tangga warga, maupun air untuk pertanian, perikanan, dan peternakan, serta aneka kebutuhan masyarakat lainnya.

Sebagian besar peserta merupakan siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Melung. Kegiatan Mengenal Desa Sendiri (MDS) merupakan kegiatan persiapan pengenalan lingkungan dan manfaat alam untuk kehidupan yang lestari. Acara ini menjadi input bagi anak desa untuk memahami lingkungannya sendiri. Harapannya, tumbuh kesadaran akan pentingnya menjaga dan mengenal alam.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda?
YaTidak