Yossy Suparyo
Ikuti:

Yayasan Gedhe Nusantara (Gedhe Foundation) tengah merancang dashboard untuk membantu pemerintah desa memetakan potensi ekonomi keluarga. Potensi keluarga merupakan bagian penting dalam membangun landasan ekonomi masyarakat desa. Data potensi ekonomi menjadi rujukan bagi pemerintah desa dalam menyusun Rancangan Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) khususnya di bidang ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Perancangan dashboard akan berlangsung selama tiga minggu di awal tahun 2016. Setelah itu, hasilnya akan diujicoba dalam survei potensi ekonomi keluarga. Gedhe Foundation sudah menggandeng Pemerintah Desa Dermaji, Lumbir, Banyumas sebagai mitra penerapan sistem selama fase pengembangan.

Dashboard ini akan membantu pemerintah desa untuk memetakan mata pencaharian warga, pelaku usaha, jenis usaha, sebaran pelaku, produk, permasalahan, dan peran pemerintah desa dalam mendukung maupun melindungi ekonomi warga. Data yang terkumpul dapat diolah secara otomatis sesuai dengan kepentingan pemerintah desa.

Ujicoba sistem akan dilakukan pada Februari-Maret 2016 di Desa Dermaji. Pada pertengahan April 2016 hasilnya akan diumumkan pada publik. Gedhe berharap usaha ini akan membantu pemerintah desa dalam pengambilan kebijakan yang tepat.

%d blogger menyukai ini: