hackathon banyumas

Gedhe Foundation sebagai Lembaga yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi dunia perdesaan (ICT4Rural) diminta sebagai mentor oleh Panitia Hackthon Merdeka 2.0 di Banyumas. Hackathon kali ini mengusung tema tentang Kependudukan.

Gedhe Foundation dinilai berkompeten di bidang tersebut karena 5 tahun terakhir sukses menjadi lembafga pendukung Gerakan Desa Membangun (GDM). GDM berhasil mendorong desa untuk menerapkan teknologi informasi untuk mewujudkan tata kelola desa yang baik dan bersih.

Gedhe Foundation telah melakukan inovasi dalam sistem informasi desa yang telah dipraktikan di ribuan desa anggota GDM. Sistem informasi desa mendorong pemerintah desa untuk mampu mengolah data desa, sekaligus memiliki pangkalan data sendiri. Selama ini desa hanya ditempatkan sebagai tukang entry data oleh beragam lembaga supradesa.

Gedhe Foundation memfasilitasi desa-desa untuk mengambil inisiatif pengelolaan data desa. Pengelolaan data desa mendukung penyelenggaraan layanan prima di desa-desa karena mereka didukung data yang sahih, akurat, dan temu kembali informasi yang efektif. Masyarakat desa dapat memanfaatkan data tersebut untuk menyusun statistik kemiskinan, pelayanan surat-menyurat, statistik pendidikan anak, dan sebagainya.

Mentor diwakili oleh Agung Budi Satrio, Mantan Kepala Desa Melung yang menjabat sebagai Manajer Administrasi dan Keuangan Gedhe Foundation saat ini. Untuk kategori peserta yang fokus ke pengembangan aplikasi data kependudukan di desa, bisa berkonsultasi dengan Agung Budi Satrio saat acara Hackathon berlangsung pada 24-25 Oktober 2015.

%d blogger menyukai ini: