Yossy Suparyo
Ikuti:

Pelatihan Wiki untuk Pengelolaan Pengetahuan Program Desa 2.0Gedhe Foundation menyelenggarakan pelatihan wiki untuk pengelolaan program Desa 2.0, Senin (2/3). Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Gedhe Foundation, Griya Satria Indah Blok O no 9, Sumampir, Purwokerto. Pelatihan ini difasilitasi oleh Biyanto Rebin, Wakil Sekjend Wikimedia Indonesia.

Pelatihan berlangsung sehari, mulai pukul 10.00 hingga 20.00. Pelatihan membahas sistematisasi laporan Program Desa 2.0 yang dikelola oleh Gedhe Foundation dengan dukungan Cipta Media Seluler. Acara berlangsung santai dengan mengupas sejumlah kendala dalam praktik pengkodingan yang ada di media wiki,

Satu-persatu kendala dalam pemanfaatan wiki dicari jalan keluarnya, seperti teknik mengunggah beberapa bukti/kwitansi pembayar dengan kode kebutuhan yang sama, pemberian nama file gambar yang akan diunggah, pembuatan quote, tabel, dan data spasial. Biyanto Rebin membimbing dengan memberikan tautan tutorial dan menjelaskan prinsip-prinsip dalam pengolahan konten dalam wiki.

Di sela-sela pelatihan, Biyanto Rebin dan Agung Budi Satrio mengisi acara Rembug Desa di Gedhe TV dengan topik Pemanfaatan Teknologi untuk Mendorong Perubahan Sosial. Budi Satrio berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pemanfaatan teknologi di wilayah perdesaan, sementara Biyanto Rebin menceritakan program Cipta Media Seluler yang mendorong beragam inisiatif masyarakat sipil dalam memanfaatkan media sosial untuk perubahan sosial.

Selain pelatihan teknis, selama pelatihan dibahas beragam topik yang terkait dengan pengelolaan program Desa 2.0.

%d blogger menyukai ini: