kelas menulis

Gedhe Foundation menjadi fasilitator Pelatihan Teknis Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi) Kabupaten Wonosobo. Acara yang berlangsung di Hotel Kresna Wonosobo selama dua hari, Selasa-Rabu (22-23/09/2015) ini diselenggarakan oleh Social Analysis and Research Institute(SARI) Surakarta.

Gedhe melatih calon operator Migrant Information Center (MIC) Desbumi, yaitu dari Desa Kuripan (Kecamatan Watumalang), Desa Mergosari (Kecamatan Sukoharjo), dan Desa Lipursari (Kecamatan Leksono).

Mulyadi, Direktur SARI, memaparkan konsep Desa Peduli Buruh Migram. Menurut pria yang popular dipanggil Cak Mul ini, Desbumi dibangun dengan pemahaman, informasi pengetahuan dan kesadaran aparat desa, kelompok Buruh Migran Indonesia (BMI) desa, BPD, pemuda, organisasi masyarakat, organisasi tani, perempuan dan stakeholder penting lainnya tentang hak dan perlindungan BMI.

Cak Mul menambahkan, desa harus meningkatkan kapasitas aparatnya untuk pemahaman, pengetahuan dan keterampilan dalam informasi dan pelayanan teknis BSI. Selain itu, desa mampu melayani informasi dan dokumen dalam sistem informasi desa (SID) berbasis internet dan terkoneksi integratif dengan layanan publik kecamatan dan kabupaten.

Peserta mendapatkan keterampilan teknis dalam mengelola konten website Desbumi. Pada kelas menulis, Desa Kuripan bertambah enam tulisan yang berupa berita dan advertorial.

%d blogger menyukai ini: