Yossy Suparyo
Ikuti:

pelatihan drone desa di desa sidamulih pamarican ciamisGerakan Desa Membangun (GDM) wilayah Ciamis menggelar workshop drone untuk pemetaan potensi desa. Workshop diselenggarakan selama dua hari, 18-19 April 2015 di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Acara ini diikuti oleh 40 peserta yang datang dari lima kabupaten, yaitu Ciamis, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, dan Pemalang.

Workshop drone desa merupakan rangkaian kegiatan tata kelola sumber daya desa, terutama untuk pemetaan potensi maupun perencanaan tata ruang dan tata wilayah desa. Koordinator acara, Sutardjo Ps, mengatakan desa membutuhkan dukungan data yang akurat dalam memetakan potensi dan tata ruang. Selama ini, desa hanya mengandalkan metode pemetaan transek. Kini, mereka bisa menggunakan drone yang mampu menghasilkan data pencitraan jauh secara rinci.

Bukapeta didaulat menjadi fasilitator workshop. Bukapeta merupakan lembaga yang bekerja di bidang pemetaan dan survei. Selama workshop, Bukapeta menjelaskan sejumlah materi, seperti mengenal peta, sistem informasi geografis, prinsip kerja drone, pengolahan data citra, pembuatan peta vektor/tabular, serta pengolahan peta online. Para peserta sangat antusias mengikuti workshop meskipun menghadapi kendala listrik mati dan perjalanan yang melelahkan saat menyusuri desa.

Acara terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Sidamulih, Gerakan Desa Membangun (GDM), Dedemit Ciamis, dan Gedhe Foundation.

%d blogger menyukai ini: