Yossy Suparyo
Ikuti:

pemasangan sistem operasi desaos di ciamisDesa-Desa Melik Informasi dan Teknologi (DeDeMIT) Kabupaten Ciamis mulai memanfaatkan sistem operasi Desa (DesaOS) sebagai pendukung pelayanan publik di desa. Sejumlah fasilitator desa dan perangkat desa di Kecamatan Pamarican antusias memasang DesaOS di komputer desa dalam bimbingan Gedhe Foundation.

Pemanfaatan DesaOS merupakan rangkaian acara Workshop Drone Desa untuk Pemetaan Potensi Desa di Desa Sidamulih, Pamarican, Ciamis Sabtu-Minggu, 18-19 April 2015. Acara ini terselenggara atas kerjasama DeDeMIT Ciamis, Pemerintah Desa Sidamulih, Gerakan Desa Membangun (GDM), dan Gedhe Foundation. Workshop ini diikuti oleh para pegiat desa dari lima kabupaten, yaitu Ciamis, Cilacap, Banyumas, Purbalingga,dan Pemalang.

Dalam workshop tersebut ada sejumlah sesi pelatihan, yaitu Workshop Drone Desa, Pengelolaan Website Desa, dan Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPD). Sesi SIPD dimulai pada Sabtu malam pukul 21.00-24.00. Sesi ini difasilitasi oleh Pri Anton Subardio dan Andri Johandri dari Gedhe Foundation. Pada sesi ini peserta memasang DesaOS dan mengelola aplikasi Desa 2.0 untuk tata kelola sumberdaya desa.

DesaOS merupakan sistem operasi komputer berbasis open source yang mampu berjalan di komputer dengan spesifikasi rendah. DesaOS bisa berjalan stabil dalam CPU Pentium III dan RAM 512 MB. Setelah memasang DesaOS, pengguna bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi bawaan, seperti aplikasi kantoran, pengolah citra, perambah internet, tak terkecuali aplikasi Desa 2.0.

%d blogger menyukai ini: