Gedhe Nusantara

sistem informasi desa dan kawasan

Pelatihan Khusus Pendampingan Untuk 100 Kabupaten Sistem Informasi Desa dan Kawasan hari kedua menginjak sesi ketiga. Setelah istirahat siang, peserta kembali masuk ke Auditorium Pusat TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan. Sesi ini diisi oleh perwakilan dari Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi. Kehadiran perwakilan Kemendesa ini diharapkan untuk menjembatani kebutuhan desa dengan pemerintah.

Rusnadi, perwakilan dari Kemendesa menjelaskan Nawa Kerja Prioritas Kemendesa berupa sembilan program kementerian untuk pendampingan, pembangunan infrastruktur dan jaringan koneksi online untuk 5000 desa di tahun 2015. Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Daerah Tertinggal ini juga menjelaskan, bahwa para pendamping desa yang berasal dari PNPM akan tetap terus dibutuhkan untuk mendampingi desa dengan dana dari APBN.

Pada sesi diskusi, beberapa desa peserta yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi mempertanyakan masalah desa adat dan juga desa hutan. Kemudian bahasan bergeser pada desa online dan sistem informasi desa. Karena memang beberapa waktu sebelumnya, Kementerian Desa meluncurkan domain untuk desa. Sedangkan beberapa tahun sebelumnya, desa telah memiliki alamat internet sendiri, yaitu desa.id.

%d blogger menyukai ini: