Gedhe Nusantara

Gedhe Foundation tengah siapkan lokakarya sistem informasi desa (SID). Lokakarya akan dilaksanakan di Desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas. Secara mandiri, Pemerintah Desa Melung telah mengembangkan SID sejak 2011 sehingga desa ini miliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam.

Untuk siapkan lokakarya, Gedhe Foundation bertemu dengan Pemerintah Desa Melung, Jumat (26/8). Pertemuan berlangsung di Kantor Desa Melung sekitar 90 menit. Tim Gedhe dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif, Yossy Suparyo, diiringi empat orang tim pendukung.

Pada pertemuan itu dibahas sejumlah dukungan Gedhe untuk pengembangan layanan e-commerce dalam SID Melung. Layanan ini memfasilitasi inventarisasi dan pemasaran produk-produk unggulan Desa Melung. Pemasaran produk warga akan meningkatkan produktivitas warga.

Selain itu, layanan keterbukaan informasi menjadi topik yang diobrolkan dalam pertemuan. Pemerintah Desa Melung berencana menetapkan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan keterbukaan informasi, termasuk penetapan Wali Data yang bertanggung jawab atas kegiatan pengelolaan informasi.

Lokakarya akan dilaksanakan pada awal September 2016. Pada acara itu, Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi berencana berkunjung ke Desa Melung. Mereka ingin berdiskusi untuk menggali pengelolaan informasi yanf dilakukan oleh Pemdes Melung.

%d blogger menyukai ini: