Gedhe Nusantara

Desa-desa yang berada di kawasan hutan di wilayah Kabupaten Cilacap mempersiapkan diri menyambut perubahan kebijakan Peraturan Pemerintah (PP) 72 tahun 2010 tentang Perusahaan Umum (PERUM) Kehutanan Negara. Mereka menyusun rangkaian kegiatan pemetaan hutan desa dalam kegiatan Roadshow Reforma Agraria Kehutanan di Balai Desa Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, 10-11 Juli 2015.

Salah satu perubahan PP 72 tahun 2010 adalah pemerintah akan menyerahkan tata kelola hutan pada desa. Sebelumnya, pengelolaan hutan dilakukan oleh Perhutani. Selanjutnya, Perhutani akan fokus mengurus bisnis dan pengolahan hasil hutan. Perubahan kebijakan ini disambut gembira oleh warga. Warga berpandangan bila hutan dikelola oleh masyarakat maka hasilnya akan lebih baik daripada oleh Perhutani.

Hutan yang dikelola oleh masyarakat menghasilkan tanaman yang lebih rapat, mengurangi konflik pengelolaan hutan, dan produktivitasnya meningkat. Tindak lanjut program tersebut, pemerintah akan meluncurkan sertifikat hak kelola hutan dari Perhutani kepada desa.

“Revisi kebijakan PP 72 ini merupakan salah satu program quickwin Pemerintah di bidang kehutanan. Mari kita kawal bersama,” ujar Barid Adriyanto, Pegiat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya dan Lingkungan Hidup (LPPSLH) Purwokerto.

Proses identifikasi masalah hutan yang dilakukan selama dua hari ini menghasilkan rencana tindak lanjut guna mempersiapkan diri menyambut perubahan kebijakan tersebut. Ada dua rencana yang akan dilakukan oleh masyarakat desa hutan di wilayah Kabupaten Cilacap yaitu pertama, pemetaan setiap desa menyangkut luasan wilayah, ketinggian, potensi yang didalamnya, penggarap dan sejarahnya.

Sedangkan yang kedua adalah mendorong pengesahan tim IP4T Pemerintah Kabupaten Cilacap yang bertujuan untuk mempermudah penyelesaian kasus kehutanan.[:en]The villages in the forest area in Cilacap district welcome glad policy changes of PP 72/2010 about State Forestry Public Company. They arrange village mapping activities in Forestry Agrarian Reform Roadshow in Sidaurip Village Hall, Gandrungmangu, Cilacap, 10-11 July 2015.[:]

%d blogger menyukai ini: