Gedhe Nusantara

image

Gedhe Foundation menggelar rapat akhir tahun pada 29-30 Desember 2014 di Ruang Rapat Gedhe Lt 2, Rumah Desa Indonesia, Rawa Salak, Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas. Rapat ini diikuti oleh seluruh Tim Pelaksana Yayasan untuk menyusun strategi lembaga dalam meningkatan kualitas layanan dan inovasi kerja.

Sejumlah topik dibahas dalam rapat ini, yaitu target kerja 2015, perbaikan struktur organisasi lembaga, manajemen kerja, deskripsi kerja personalia, dan panitia rapat kerja 2015. Untuk 2015, Gedhe menargetkan layanan sistem informasi desa untuk 1.000 desa, dengan sebaran yang lebih merata di pelosok Indonesia. Ada desa yang terletak di pegunungan, pesisir, lembah, daerah aliran sungai, maupun kepulauan.

Pada 2014, Gedhe telah memfasilitasi sistem informasi desa di desa-desa adat di Sumatra Barat yang disebut kenagarian. Hal itu menunjukkan bahwa layanan yang diberikan Gedhe bisa mendukung beragam model desa, baik desa maupun desa adat. Pengembangan layanan Gedhe juga mulai menyentuh komunitas-komunitas marginal atau kelompok suku terasing, seperti Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Dharmasraya.

Pada 2015, Gedhe akan meningkatkan layanan untuk sistem informasi berbasis mobile access and interface. Pengguna smartphone terus meningkat dan telah menyebar ke desa-desa sehingga dukungan sistem yang berjalan dilatform mobile mutlak diperlukan. Selain itu, Gedhe terus memperbaiki aplikasi Kabar Desa yang baru berjalan di platform Android menuju aplikasi yang lebih universal, baik di Android, Bada OS, Windows, maupun IOS.

Manajemen kerja organisasi terus diperbaiki dengan merincikan deskripsi kerja para pegiat. Untuk menangani sejumlah kerja lembaga dibentuk tiga divisi, yaitu Divisi Finance and Administratif (Finance Officer dan Akuntan), Divisi ICT Support (ICT Specialis, Knowledge Management, Content Development, dan Media Kampanye) dan Divisi Program (Fasilitator Program dan Strategic Analyst).

Pada awal Januari 2015, Dewan Pengurus akan menyelenggarakan Rapat Dewan Pembina untuk menajamkan sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan oleh Gedhe.

%d blogger menyukai ini: