Gedhe Nusantara

Pelatihan Pupuk Organik Untuk Ibu Desa Pangebatan

Banyumas, 4 Desember 2014. Kali ini Gedhe Foundation ketempatan acara Pelatihan Pupuk Organik Untuk Ibu Rumah Tangga sebagai bentuk pengabdian yayasan dengan warga sekitar. Pelatihan ini diselenggarakan di pendopo kantor Gedhe Foundation, Rumah Desa Indonesia, kecamatan Karanglewas, kabupaten Banyumas.

Acara ini diampu oleh Sapto dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Karanglewas. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong ibu-ibu rumah tangga yang berada di wilayah desa Pangebatan, memanfaatkan pekarangan guna ditanam tanaman yang bermanfaat.

Lokalatih ini juga bertujuan mengajak ibu-ibu untuk menggunakan pupuk organik dan menghindari pestisida. Karena tanaman sayur di pekarangan inilah yang akan langsung dikonsumsi di keluarga sendiri. Sehingga akan tidak baik jika sayuran yang dimakan mengandung residu bahan kimia dari pestisida.

Disampaikan di pelatihan pupuk kali ini, Penyuluh Pertanian Karanglewas telah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk dapat memasarkan sayur-mayur hasil tanaman pekarangan ibu-ibu, selain dikonsumsi sendiri.

Acara yang diikuti puluhan ibu dari desa Pangebatan dan sekitarnya,  dimulai dari penjelasan manfaat dan cara pembuatan pupuk organik. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan pupuk organik dari limbah ternak sapi di sebelah lokasi pelatihan. Pelatihan ini kemudian diakhiri dengan pengenalan website desa Pangebatan oleh Prianthon dari Gedhe Foundation.

%d blogger menyukai ini: