Gedhe Nusantara

sistem informasi desa dan kawasan

Pada hari yang sama dengan kedatangan Menteri Pertanian, Jumat, 16 Januari 2015 di Auditorium Pusat TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan, Menteri PPN/ Kepala Bappenas juga hadir di Pelatihan SIDeKa (Sistem Informasi Desa dan Kawasan). Menteri Dr. Andrinof Chaniago dalam kesempatan ini menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan tema “Membangun Indonesia dari Pinggir”.

Kepala Bappenas menjelaskan bagian dari Nawacita Program Pemerintah, Nawacita ketiga yaitu Membangun Indonesia dari Pinggir dan Daerah Terluar. Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional telah menyusun program-program pemerintah untuk membangun dan menguatkan desa dan daerah terluar Indonesia.

Di antara program-program yang disusun oleh pemerintah adalah :

  • Pembangunan desa dan Kawasan Perdesaan
  • Pembangunan Kawasan Perbatasan
  • Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pulau-pulau Terpencil
  • Pengurangan Overhead cost (biaya rutin) untuk dialokasikan bagi pelayanan publik
  • Penataan Daerah Otonomi Baru
  • Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan Daerah dan Otonomi Daerah

Dengan arah kebijakan pemerintah untuk mendukung hal tersebut berupa pemenuhan standar pelayanan minimum dengan kondisi geografis desa ; penanggulangan kemiskinan dan pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa; dan pembangunan SDM dan Iptek daerah perdesaan.

Andrinof juga menjelaskan rencana pemerintah untuk mendorong ada dan aktifnya technopark di tiap daerah untuk pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan potensi produk unggulan di masing-masing daerah.

%d blogger menyukai ini: