Gedhe Nusantara

Bahasa jurnalistik adalah bahasa komunikasi massa yang berfungsi sebagai pemberi informasi kepada publik. Berita desa merupakan salah satu karya jurnalis website desa. Jurnalis desa berkabar mengenai kegiatan desa, panen pertanian, keberhasilan pembangunan, produk unggulan, dan informasi lainnya. Bahasa jurnalistik online memiliki karakteristik singkat, padat, jelas, sederhana, jernih, menarik, dan netral.

Memperhatikan karakter tersebut, diharapkan tulisan jurnalis website desa memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. Pembaca mampu memahami tulisan yang berisi promosi produk unggulan hingga kebencanaan. Mereka merespon tulisan tersebut dalam bentuk komentar dan tindak lanjut lainnya.

Jurnalis desa telah mampu menulis berita. Mereka sebaiknya meningkatkan kemampuan pada fase pascatulis, yaitu membaca kembali tulisan dan menyunting bagian yang kurang pas. Berdasarkan kecenderungan pengguna internet yang dinamis, judul tulisan harus mampu menarik perhatian pembaca dan isi tulisan memberikan informasi lengkap.

Modul ini mengulas pengetahuan dan keterampilan dalam tata kelola bahasa jurnalistik website desa. Berisi petunjuk untuk mengetahui karakteristik tulisan yang dipublikasikan melalui online; mengetahui karakteristik bahasa yang digunakan dalam dunia jurnalistik; mengetahui kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dalam penulisan karya jurnalistik; dan menyunting sebuah tulisan agar semakin mudah dibaca.

Modul ini bisa digunakan secara mandiri atau bersamaan dengan modul lainnya. Sesuai dengan jenis pelatihan yang diselenggarakan. Selamat membaca.

Klik untuk mengunduh Modul 0105 – bahasa Jurnalistik

download

%d blogger menyukai ini: