Gedhe Nusantara

Menjadi efektif bagi tata kelola pemerintahan desa untuk sekaligus menerapkan aplikasi perkantoran elektronik (e-office) secara online. Dimulai dengan surat elektronik (e-mail) yang kemudian berkemampuan olah dokumen untuk pekerjaan administrasi perkantoran desa yang terintegrasi. Idealnya adalah tiap kabupaten memiliki server untuk keperluan ini. Sambil menunggu terealisasi, desa-desa dapat memanfaatkan layanan e-office tidak berbayar yang ada di internet untuk keperluan perkantoran sehari-hari untuk data desa yang tidak sensitif.

Desa bisa memanfaatkan layanan Google. Dimana satu akun Google bisa untuk memanfaatkan beragam fitur yang disediakan oleh Google. Mulai dari email, Drive sebagai media penyimpanan, conference, siaran langsung, hingga aplikasi perkantoran online. Beragam aplikasi tersebut dapat dibagikan dan kemudian dapat dikerjakan secara kolaborasi tanpa sekat tempat. Karena teknologi ini memanfaatkan internet dan dikenal dengan Komputer Awan cloud computing.

Dalam Modul ini berisi cara membuat akun gmail, berkirim surat elektronik dengan lampiran, memanfaatkan Google Drive untuk media penyimpanan, pekerjaan administasi perkantoran dan kerja kolaborasi, menggunakan Google+ untuk video conference melalui fitur Google HangOut, membuat Channel Youtube untuk menyiarkan video teleconference secara langsung di Youtube.

Modul ini bisa digunakan secara mandiri atau bersamaan dengan modul lainnya, sesuai dengan jenis pelatihan yang diselenggarakan.

Klik untuk mengunduh Modul 0102 –¬†Email dan Perkantoran Online

download

%d blogger menyukai ini: