Gedhe Nusantara

rudiantara terbangkan drone desa

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbangkan drone desa dalam pembukaan Festival Desa Melek Teknologi dan Komunikasi (Destika) ke-3 di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Senin (15/6). Penerbangan drone desa menandai pentingnya pemetaan potensi dan wilayah desa menggunakan teknologi pencitraan jarak jauh.

Drone desa merupakan salah satu alat yang bisa digunakan oleh desa untuk pemetaan baik wilayah maupun potensi yang ada di desa. Yayasan Gedhe bekerjasama dengan Buka Peta sudah mendukung kegiatan pemetaan menggunakan drone di desa-desa dalam jaringan kerja Gerakan Desa Membangun (GDM) di antaranya Desa Sidamulih dan Ujungmanik.

Rudiantara mengaku senang karena desa mampu menerapkan teknologi yang tepat untuk menggali potensi wilayahnya. Peta yang dihasilkan oleh drone desa akan memberikan data yang akurat untuk perencanaan pembangunan, tata ruang, maupun pengembangan potensi desa. Rudiantara berharap jumlah desa yang memanfaatkan drone desa semakin bertambah.

Kemkominfo siap mendukung desa-desa yang memanfaatkan beragam teknologi komunikasi dan informasi, seperti drone desa. Saat menerbangkan drone Rudiantara didampingi oleh para penggagas Destika, seperti Kusuma Bambang (Bukapeta), Yossy Suparyo (Gedhe Foundation), Budiman Sudjatmiko (DPRRI), Basuri Tjahaya Purnama (Bupati Beltim), Septiana Tangkari (Direktur Pemberdayaan Telematika).

%d blogger menyukai ini: