Gedhe Nusantara
Gerakan Desa Membangun (GDM) berduka. Salah satu pegiatnya, yaitu Achmad Munawar berpulang ke rahmatullah pada Selasa (2/2/2016). Di dunia maya, beliau akrab dipanggil Lik Munawar Achmad.

Bersama delegasi GDM, Lik Munawar pada 12 Februari 2013 mengikuti Diskusi Umum Terbuka Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (DUT PANDI) terkait usulan domain baru desa.id. Akhirnya, 1 Mei 2013 domain desa.id resmi diluncurkan ke publik.

Pada hari kepulangannya menghadap Sang Pencipta, domain desa.id telah digunakan oleh 2.974 desa di seluruh Indonesia.

Pegiat GDM bertakziyah ke rumah duka yaitu RT 7 RW 1 Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mereka berasal dari Desa Dermaji, Desa Kejawar, Desa Beji, Desa Karangnangka, Desa Melung, Desa Linggasari, Desa Ajibarang Wetan, Desa Ajibarang Kulon, Darmakradenan, Desa Pangebatan, dan lain-lain.

Banyak kenangan bersama Lik Munawar Achmad. Sungging Septivianto, teringat ketika Lik Munawar masih menjabat Kepala Desa Pancasan membawa komputer CPU ditutupi plastik ke acara lokakarya GDM di Desa Beji.

Menurut Kang Jalu, demikian panggilan akrab Sungging Septivianto, hal itu merupakan wujud seorang pemimpin yang tidak kenal lelah untuk belajar. “Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un, Selamat jalan Lik, semoga Gusti memberi tempat yang baik,” ungkapnya.

GDM pernah menyelenggarakan Lokakarya Desa Membangun II untuk wilayah Banyumas Tengah di Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 18-19 Februari 2012. Lokarya tersebut mendiskusikan tata kelola sumber daya desa dan pemanfaatan sistem informasi desa untuk pemantauan migrasi warga yang menjadi buruh migran.

Sri Hartuti atau Cici dari Desa Beji tidak akan melupakan nasihat Lik Munawar, yaitu “Menyikapi hidup itu harus dengan gembira. Bagi Cici, kalimat pendek tersebut penuh makna.

Sementara, Bayu Setyo Nugroho, Kades Dermaji mengenang Lik Munawar dalam repetisi yang ditulisnya seusai takziyah di Kantor Gedhe Foundation, Sumampir, Purwokerto.

Pak Lik Munawar itu gede rasa syukurnya
Pak Lik Munawar itu selalu enjoy the life
Pak Lik Munawar itu selalu menjaga persahabatan
Pak Lik Munawar itu semangat belajarnya luar biasa
Pak Lik Munawar itu selalu renyah obrolannya
Pak Lik Munawar itu selalu bisa memecah suasana gembira di tengah kebekuan
Pak Lik Munawar itu sederhana dan memotivasi

Ada banyak kenangan baik bersama Lik Munawar. Semoga keteladanan hidup beliau menambah energi pada GDM yang saat ini menapak tahun kelima.

Kenangan dengan Lik Munawar dalam video, yaitu pada Program Kemitraan Pemdes Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada 2-3 Maret 2013.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda?
YaTidak