Gedhe Nusantara

LEBAK, BANTEN – Puluhan perangkat desa se Kecamatan Malingping, Lebak, hadir dalam sosialisasi rencana program kegiatan optimasi perangkat desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, Jumat (14/8). Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut implementasi UU 6/2014 tentang Desa, yang digagas Camat Malingping bekerjasama dengan Gerakan Desa Membangun (GDM).

“Kami merencanakan program persiapan perangkat desa dan kecamatan, dengan mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka, terutama dalam hal validasi data, tertib administrasi, akuntabilitas keuangan serta transparansi publik” ujar Samanta, Camat Malingping dalam sambutannya.

malingping lebak - camat

Camat Malingping, didampingi muspika

Para perangkat desa di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten diajak untuk mengoptimalkan perannya dengan kembali memahami dan mendalami tupoksi masing-masing sesuai dengan jabatannya. Selain itu, guna mempercepat komunikasi dan update informasi, mereka juga diajak memanfaatkan teknologi baru seperti internet.

“Teknologi ini hanya alat, yang paling utama adalah manusianya, kita sebagai pengguna alat. Kita harus tahu visi dan misi kegiatan kita, sehingga teknologi dapat digunakan mendukung tujuan itu” ujar Sahdi Sutisna, pegiat Gerakan Desa Membangun yang juga staf divisi pemberdayaan masyarakat RMI Bogor.

Sahdi Sutisna, salah satu pegiat GDM Lebak

Sahdi Sutisna (kanan), salah satu pegiat GDM Lebak

Memanfaatkan waktu yang singkat, dalam durasi sekitar 90 menit, para peserta diperkenalkan dengan konsep desa bersuara a la GDM, mulai dari pemanfaatan sosial media hingga website desa. Khusus untuk website desa, pendaftaran dan pembangunannya akan dibantu oleh Gedhe Foundation.

“Sesuai aturan baru, desa harus menyiapkan 4 dokumen persyaratan. Untuk proses pendaftarannya kami dapat membantu sebatas mendampingi, semua data registran dan akun pengelola domain hak desa” ujar Supriyanto, perwakilan Gedhe Foundation.

Rencananya, selama 2 bulan kedepan, mulai September-Oktober 2015, para perangkat desa di wilayah Kecamatan Malingping akan mengikuti program optimasi tupoksi melalui pemanfaatan TIK ini dibawah koordinasi Camat dan Pemda Lebak, didampingi beberapa pegiat Gerakan Desa Membangun.

%d blogger menyukai ini: