Gedhe Nusantara

sistem informasi desa dan kawasan
Menteri Pertanian menghadiri Pelatihan Pendampingan untuk 100 Kabupaten Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) di Pusat TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan pada Jumat, 16 Januari 2015. Di depan perwakilan 100 Kabupaten dari 34 provinsi di Indonesia, Dr. Amran Sulaiman menjelaskan Akselerasi Pembangunan Kedaulatan Pangan dan Perdesaan Melalui Pertanian Rakyat.

Selanjutnya, Menteri Pertanian menerangkan bahwa saat ini kementeriannya sedang memfokuskan penanganan masalah pertanian yang menyebabkan hilangnya produksi pertanian hingga 20 juta ton. Masalah tersebut berasal dari komponen-komponen :

  • Irigasi : 4,5 juta ton
  • Benih / bibit : 6 juta ton
  • Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) : 3,5 juta ton
  • Penyuluhan (kurang penyuluh) : 3 juta ton
  • Pupuk : 3 juta ton

Di akhir pertemuan, diadakan penandatangan Nota Kesepakatan Kerja Sama antara Menteri Pertanian dengan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan. Kesepakatan kerjasama antara desa dengan Kementrian Pertanian ke depan akan semakin terintegrasi. Hal ini juga untuk menjawab pertanyaan “Apa yang harus disiapkan desa untuk program pertanian?”. Kemudian dijawab menteri bahwa yang terpenting adalah sinergi antara desa dengan semua stakeholder, termasuk Kementerian Pertanian.

%d blogger menyukai ini: