Gedhe Nusantara

Yayasan Gedhe Nusantara atau Gedhe Foundation menyiapkan program ICT4Santri untuk mendorong penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pesantren. Gedhe bekerjasama dengan Pondok Pesantren Aswaja Nusantara di Komplek Pesantren Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman untuk pelaksanaan program tersebut.

Program ICT4Santri merupakan program baru Gedhe Foundation untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, terutama untuk menyebarluaskan gagasan Islam Indonesia dan pengembangan wirausaha di pesantren.

Gagasan ini muncul saat kunjungan Muhammad Mustafied, pengasuh Pondok Pesantren Aswaja Nusantara, ke Purwokerto. Dia melihat kemampuan para santri untuk memanfaatkan teknologi informasi masih sangat terbatas. Untuk itu, Mustafied meminta Gedhe untuk menyusun program ICT4Santri agar beragam gagasan dan potensi di pesantren dapat tersebarluas ke publik.

Program ICT4Santri meliputi workshop, diskusi terbatas, pembuatan website pesantren, produksi konten (teks, foto, video), pendampingan usaha, dan e-commerce. Pesantren Aswaja Nusantara juga menggandeng pondok pesantren lainnya di wilayah Yogyakarta untuk membangun strategi dahwah Islam Indonesia yang lebih meluas.

Untuk mewujudkan gagasan itu, Direktur GedheFoundation, Yossy Suparyo, melakukan kunjungan balasan ke Mlangi (18/1) sembari merincikan tahapan pelaksanaan program ICT4Santri. Workshop pengenalan program akan dilaksanakan pada awal Februari 2016, sekaligus menyusun roadmap program.

%d blogger menyukai ini: