Gedhe Nusantara

Yayasan Gedhe Nusantara atau Gedhe Foundation tengah mempersiapkan peluncuran sistem operasi Desa (DesaOS) sekaligus buku manualnya. Paket DesaOS akan dikemas dalam keping cakram yang didistribusikan pada desa-desa anggota Gerakan Desa Membangun (GDM) pada peringatan ulang tahun Gedhe kedua, 21 April 2016.

DesaOS menawarkan sistem operasi yang mendukung tata kelola pemerintahan desa. DesaOS mampu berjalan pada piranti kelas spesifikasi rendah RAM 256MB dan prosesor 1 GB. Pengguna DesaOS juga bisa menikmati sejumlah aplikasi, seperti pemutar musik, peramban internet, pemutar video, aplikasi Desa 2.0, dan sejumlah aplikasi lainnya tanpa harus melakukan update online.

Peluncuran DesaOS menandai kemandirian desa di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Desa juga mengembangkan teknologi yang dibutuhkannya secara gotong-royong dan memanfaakan sumberdaya lokal.

Dalam paket tersebut, pengguna juga mendapatkan sejumlah buku manual, seperti buku petunjuk penggunaan DesaOS, buku petunjuk penggunaan aplikasi Sikomar, dan buku petunjuk penggunaan aplikasi Desa 2.0. Buku manual itu akan membantu pengguna untuk belajar secara mandiri beragam fasilitas yang menunjang tata kelola pemerintahan di desa.

Peluncuran DesaOS akan didukung oleh sejumlah komunitas pengembang aplikasi dan Direktorat Pemberdayaan Informatika-Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

%d blogger menyukai ini: