Gedhe Nusantara

]gedhe-website-sokawera-patikraja

Gedhe melatih pemerintah desa (Pemdes) Sokawera, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas mengelola website. Desa yang dipimpin Karsam Hadi Purnomo ini memiliki alamat website http://sokawera.desa.id. Pelatihan berlangsung di Balai Desa Sokawera pada Kamis (20/10/2016).

Pada praktik mengunggah konten, Ike Susanti, salah satu peserta menulis tentang gropyokan tikus. Ike menulis dengan judul Warga Sokawera Gropyokan Tikus, Terbunuh 3000 Ekor. Dalam tulisannya, Ike memaparkan gropyokan tikus melibatkan kepala desa, perangkat desa, PPL Kecamatan Patikraja, Babinsa wilayah Desa Sokawera, dan petani pengggarap sawah wilayah kelompok tani Subur ataupun Ngudi Rahayu.

Dalam diskusi media sosial, tulisan Ike mendapatkan sejumlah komentar. Yuswi Wawan dari Brebes menyarankan agar tikus tidak perlu dibunuh karena akan memutus ekosistem.

Dian Andiyono memberikan ide tentang pembuatan kandang burung hantu (kokokbeluk). Kandang tersebut berupa kotak kayu seperti rumah-rumahan merpati yang dipasang dengan bambu di sawah. Menurutnya, burung hantu adalah predator alami tikus.

Tanggapan lain atas tulisan Ike diberikan oleh Dedy. Dia berkomentar di website tentang perlu ditingkatkannya kegiatan gropyokan. Dia mengusulkan agar gropyokan tikus bisa menjadi kegiatan rutin setiap masa pramusim tanam, baik musim rendeng maupun sadon.

%d blogger menyukai ini: