Gedhe Nusantara

Gedhe Nusantara (Gedhe Foundation) mengembangkan layanan belajar untuk kuatkan gagasan Sekolah Desa Membangun (SDM) di Indonesia. Layanan ini memungkinkan publik (baca: desa) dapat belajar secara interaktif seputar topik dunia perdesaan melalui internet. Layanan online dapat diakses melalui Sekolah Desa Membangun.

Pengembangan layanan akan berlangsung selama tiga bulan, mulai Juli-September 2016. Pelaksanaan proyek langsung dikoordinasi oleh Agung Budi Satrio sebagai Kepala Sekolah. Semua topik yang disajikan dalam layanan ini dapat diakses, dipelajari, dan disebarluaskan secara bebas karena menggunakan lisensi creative commons.

“Publik juga bisa terlibat dalam proses belajar mandiri tersebut, baik sebagai pembelajar maupun guru pengampu,” ujar Yossy Suparyo, Direktur Gedhe Nusantara.

Gedhe berharap layanan tersebut akan menunjang pengembangan kapasitas masyarakat perdesaan ataupun publik yang ingin belajar topik perdesaan. Proses belajar dapat dilakukan secara luwes karena pembelajar mengatur waktu dan cara belajarnya secara mandiri.

Sekolah Desa Membangun mengadopsi cara belajar orang dewasa (andragogi) yang mengutamakan prinsip dialogis. Layanan ini diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia di kawasan perdesaan.

%d blogger menyukai ini: