Gedhe Nusantara

gedhe foundation dukung program ict4santri di pondok pesantren aswaja nusantara mlangi

Yayasan Gedhe Nusantara (Gedhe Nusantara) melatih 23 santri Pondok Pesantren Aswaja Nusantara di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pelatihan berlangsung selama sehari, Minggu (14/2) di Mushola Pondok Lantai II. Pelaatihan tersebut merupakan rangkaian program ICT4Santri, yaitu program pemberdayaan para santri melalui pemanfaatan TIK.

Para peserta berlatih membuat website menggunakan aplikasi Content Management System (CMS) WordPress. Peserta menyiapkan server lokal menggunakan XAMPP dan LAMPP. Setelah itu, mereka membuat pangkalan data menggunakan MySQL dan instalasi CMS.

“Pembuatan website dengan cara demikian dapat dilakukan oleh peserta awam yang tidak memahami teknik pemrograman secara mendalam,” jelas Yossy Suparyo, Direktur Gedhe Foundation.

Muhammad Mustafied, Pengasuh Ponpes Aswaja Nusantara, mengatakan pengatahuan dan keterampilan di bidang TIK akan membantu para santri dan pondok pesantren untuk pengembangan program, seperti pengelolaan data, penyebaran informasi, dan dakwah.

“Para kader muda muslim Indonesia tidak boleh gagap teknologi, teknologi informasi merupakan media untuk menghubungkan dunia santri dengan dunia publik,” ujar Mustafied.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Dodiet Prasetyo, Kepala Desa Wlahar Wetan, Kalibagor, Banyumas yang berbagi pengelolaan website desa. Bagi Dodiet, website desa menjadi ruang publikasi kegiatan warga, termasuk promosi dan pemasaran aneka produk unggulan Desa Wlahar Wetan.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda?
YaTidak