Gedhe Nusantara

bukateja

Rabu 25 Maret 2015, bertempat di aula kantor Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, diadakan Pelatihan Sistem Informasi Desa. Pelatihan yang diselenggarakan oleh PNPM Mandiri Perdesaan ini dihadiri oleh perwakilan 14 (empat belas) desa yang ada di Kecamatan Bukateja. Masing-masing desa mengirimkan dua perangkat desa untuk mengikuti pelatihan ini.

Setelah pembukaan oleh pihak Kecamatan Bukateja selaku tuan rumah, peserta pelatihan diberikan visioning oleh Budi Satrio dari Gedhe. Penggagas Gerakan Desa Membangun ini mengajak peserta untuk menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi informasi untuk desa. Baik untuk menyebarkan informasi desa, berjejaring maupun kemandirian data bagi desa.

Selepas istirahat siang, materi praktek diberikan oleh tim Gedhe Foundation. Peserta diajak untuk membuktikan bahwa menulis dan mengunggah berita di website desa tidak membutuhkan waktu yang lama. Adi Salam (50), merasa optimis akan bisa menulis dengan cepat ketika website desanya nanti jadi.

“Malah saya yang baru belajar ngetik ini saja bisa menulis berita dengan cepat.” tutur salah satu Perangkat Desa Kedungjati ini.

Melalui pelatihan satu hari ini, banyak peserta yang berharap ada pelatihan-pelatihan lanjutan. Karena mereka sudah menyadari manfaat website desa dan teknologi informasi yang lain untuk memudahkan pekerjaan.

%d blogger menyukai ini: