Yossy Suparyo

yossy suparyo

Yossy Suparyo (Latief Akhmad) adalah Direktur Eksekutif Yayasan Gedhe Nusantara (Gedhe Foundation). Lahir di desa kecil di dekat Pulau Nusakambangan bernama Rawaapu, Patimuan, Cilacap. Menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di SDN Rawaapu I dan pendidikan lanjutan pertama di SMPN I Kedungreja.

Setelah itu hijrah ke Kota Gudeg, Yogyakarta, untuk melanjutkan studi di STMN Wates, Kulonprogo Jurusan Mesin Produksi. Menempuh pendidikan perguruan tinggi di Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta dengan konsentrasi Perancangan Mesin. Di samping itu, Yossy Suparyo menempuh studi di perguruan tinggi yang berbeda, yaitu Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Semasa kuliah aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) hingga pernah tercatat dalam jajaran Pengurus Besar organisasi tersebut. Pengalaman jurnalisme didapat saat aktif di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ekspresi. Pernah juga aktif di organisasi kepanduan di Gudep WR Supratman, UNY dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. Sembari kuliah, Yossy Suparyo bekerja sebagai penyunting di lembaga penerbitan.

Pengalaman pengorganisasia didapatĀ  saat menjadi fasilitator media di PP Lakpesdam NU, Knowledge Management Specialist di Combine Resource Institution, dan organisasi sosial lainnya. Yossy juga mempelopori Gerakan Desa Membangun (GDM) dan pengembangan teknologi di dunia perdesaan.

Pernah menulis sejumlah buku yang sudah diterbitkan, diantaranya: Pewarta Warga (2011), Radio Komunitas dan Kebijakan Publik (2009), Mengudara Saat Bencana (2009), Pemikiran Yang Mengubah Dunia (2006). Aktif menulis artikel yang dipublikasikan di media cetak dan online.

Kini, Yossy Suparyo dikenal sebagai pegiat rekayasa teknologi, manajemen pengetahuan, pendidikan populer, penelitian, dan pengembangan media. Sekarang tinggal di Perum Shappire Mediterania D6, Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas.