Sekilas Gedhe

Perkumpulan Gedhe Nusantara Membangun, selanjutnya disebut Gedhe Nusantara, merupakan metamorfosis dari Yayasan Gedhe Nusantara (Gedhe Foundation). Perubahan badan hukum diambil oleh Dewan Pendiri Gedhe agar lembaga memiliki ruang lingkup semakin luas dan demokratis.

Gedhe Nusantara lahir pada pertengahan 2009 sebagai komunitas yang mewadahi para pegiat perdesaan, pemberdayaan masyarakat, praktisi pendidikan, dan praktisi teknologi informasi-komunikasi untuk membangun kolaborasi kerja. Desa menjadi medan kerja kolaboratif Komunitas Gedhe sebagai bentuk keperpihakan mereka pada perbaikan tata kehidupan yang lebih adil, sejahtera, dan berperikemanusiaan.

Salah satunya hasil dari kerja kolaborasi itu adalah lahirnya Gerakan Desa Membangun (GDM) pada 24 Desember 2011, sebuah ruang belajar kolektif bagi pelbagai pihak untuk mengembangkan strategi dan tata kelola pemerintahan dan sumber daya desa secara lebih baik.

Pada lima tahun pertama, Gedhe Nusantara merupakan komunitas tanpa badan hukum. Lalu, pada 2014-2019, komunitas Gedhe menjadi lembaga berbadan hukum Yayasan. Selanjutnya, pada 18 Februari 2019, Gedhe berubah menjadi perkumpulan berbadan hukum.

Gedhe menaruh perhatian pada kerja-kerja pemberdayaan masyarakat di wilayah perdesaan, baik untuk penguatan tata kelola sumberdaya desa, wirausaha dan perekonomian perdesaan, penguatan kawasan strategis, serta penguatan komunitas kreatif.

Selain itu, Gedhe menaruh perhatian pada inovasi dan pengembangan teknologi informasi, pemetaan desa secara partisipatif, dan komunikasi untuk mendorong perubahan sosial. Strategi ini mampu melahirkan advokasi berbasis data dan memangkas kendala geografis dan jarak antarpelaku. Pendekatan kerja ini memudahkan desa untuk mengembangkan semangat kolaborasi kerja dan kerjasama antardesa.

Visi

Visi Gedhe Foundation mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang adil, sejahtera, dan menjunjung tinggi prinsip dasar kemanusiaan.

Misi

Misi Gedhe Foundation adalah:

  • Penguatan tata kelola sumberdaya desa
  • Menumbuhkan pelaku wirausaha dan perekonomian perdesaan
  • Penguatan tata kelola kawasan strategis
  • Penguatan komunitas kreatif dan inovatif

Logo Lembaga

  • Nama Resmi : Perkumpulan Gedhe Nusantara Membangun
  • Nama Singkat : Gedhe Nusantara

Badan Hukum

Perkumpulan: Akta Notaris Deni Nurhayati SH M.Kn No 2 pada 18 Februari 2019

Nomor Wajib Pajak

Perkumpulan Gedhe Nusantara Membangun: 90.558.826.5-521.000

Pengelola Lembaga

Dewan Pengawas

Dewan Pengurus

Dewan Pelaksana Harian