purbalingga

Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pangadegan, Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Desa di Aula Kecamatan Pengadegan pada Rabu (11/3). Pelatihan ini merupakan kerjasama Pandu SIDeKa Kabupaten Purbalingga, BKAD, dan UPK PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pangadegan.

Peserta pelatihan berjumlah 24 orang berasal dari sembilan desa di Kecamatan Pengadegan, yaitu Desa Panunggalan, Larangan, Bedagas, Karang Joho, Tumanggal, Tegal Pingen, Pengadegan, Tetel, dan Pasunggingan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Joko W., S.Sos yang mewakili Camat Pengadegan mengatakan salah satu penerapan teknologi, yaitu e-office. Sistem ini akan menghemat biaya dan efisien. Dia mencontohkan tentang pengiriman surat. Dengan e-mail, akan menghemat kertas, biaya kurir, dan waktu.

Safangatno, S.E., (Ketua UPK Kecamatan Pangadegan) mengatakan teknologi informasi akan membawa manfaat, yaitu mendorong perubahan desa. Dengan memanfaat teknologi informasi, masyarakat akan mudah mengakses informasi.

Tim Gedhe Foundation memberi materi seputar tata kelola website desa. Peserta mendapatkan materi menulis berita dan advertorial. Mereka langsung mempraktikkan cara mengunggah berita dan advertorial yang ditulis secara berkelompok.

“Domain desa.id merupakan alamat internet yang peruntukannya khusus untuk desa. Menjadikan domain ini sebagai identitas desa di internet. Pendaftaran desa.id melalui Gedhe mendapatkan gratis biaya satu tahun pertama,” ungkap Pradna Paramita (Tim Gedhe Foundation).

Pelatihan SIDeKa memberikan harapan. “Semoga hasil rencana kerja hasil pelatihan, desa segera mendaftar web domain desa dan akan ditindaklanjuti dengan asistensi untuk pelatihan lanjutan pengisian profil desa,” ujar Kuswari, Pandu SIDeKa Kabupaten Purbalingga.

Narsid Siswo Karsito (Desa Bedages) mengatakan pelatihan SIDeKa sangat bermanfaat. Pendapat serupa disampaikan Sutono (Desa Larangan) yang diwawancari Hery Budhi Utami (Desa Bedages) pada sesi simulasi.

%d blogger menyukai ini: