Gedhe Nusantara

diskusi potensi desa malasari

Yayasan Gedhe Nusantara (Gedhe Foundation) membantu sebelas desa di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, untuk memetakan potensi dan produk unggulan desa. Kegiatan berlangsung pada 15-14 Desember 2016 dalam koordinasi Gerakan Desa Membangun (GDM) Wilayah Bogor. Desa yang terlibat dalam kegiatan ini, antara lain Desa Malasari, Desa Nanggung, Desa Curug Bitung, Desa Cisarua, Desa Kalong Liud, Desa Hambaro, Desa Batu Tulis, Desa Parakan Muncang, Desa Bantar Karet, dan Desa Sukaluyu.

Pemetaan potensi menggunakan metode pengamatan, diskusi kelompok terarah, dan diskusi pendalaman. Pemetaan potensi baru dilakukan pada dua kampung di setiap desa. Di setiap kampung, diskusi kelompok melibatkan 15-30 warga setempat. Hasil pemetaan potensi ini akan menjadi bahan rujukan bagi pemerintah desa untuk melengkapi dokumen Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes).

Hasil pemetaan menunjukkan dunia pertanian dan peternakan masih menjadi mata pencaharian utama warga. Program pengembangan pertanian dan peternakan terpadu akan mengawinkan dua sektor tersebut menjadi kekuatan ekonomi warga. Sayang, warga belum percaya diri untuk pengembangan bibit tanaman. Selama ini, mereka mengandalkan bibit buatan pabrik.

%d blogger menyukai ini: